BAB 12 : CAH SD NING NDESO

Bab 12
Cah SD ning Ndeso

Ke esokan hari, tibalahku dikota kelahiran.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Embun pagi yang jernih, udara  dingin menyapu tubuh. suasana asri . Suara kaki kuda delman bertautan berlalu lalang. Emperan toko  penuh dengan dagangan  sayuran segar. Para pedagang  berumur  sepuh menawarkan dagangan. Berkomat kamit mulutnya mengunyah  daun hijau berbekas    merah menghias bibir nan berkeriput. Sungguh damai dan tenang melihat mereka bedagang.

Akupun menunggu di sebuah pohon beringin besar, berharap angkutan desa lewat dan membawa kami ke kampung halaman. Hampir 1 jam angkutan desa itu tidak datang.
Dari   kejauhan sebuah mobil angkutan  desa mungil  kecil tapi berkepala besar membesar sekali. Di atas mobil,  dua tumpuk rumput mengulung besar, beberapa karung arang menopang  dengan  3 orang duduk dia atasnya. Didalamnya penuh sesak bermacam  sayuran, sepasang  ayam jago berkokok gelisah karena di ikatnya kaki dengan tali . Setubuh  kurus anak SD hitam kumal, memakai celana merah pendek  berbaju banci   karena tidak jelas warnanya apakah putih atau abu abu bahkan dekil.  kancing baju  tersisa 2 di bagian atas saja, sehingga bagian bawah  terlihat perut dengan udel hitam berkerak dagi.  Tidak adanya tas, hanya sebuah buku tergulung kusut digengam tangan. Sebuah pulpen  bergelang karet terikat di kepala. Bertelanjang kaki  kotor berbalut lumpur, sisa tanah di jari kaki menggumpal kering dengan kuku panjang kehitaman. Sungguh kasihan anak yang bergelar cah SD ning ndeso.

"Kamu akan menjadi anak desa yang kumel dan dekil berpendidikan rendah kalau bapak tidak bawa kamu ke jakarta walau cuma bermodalkan nekat. Ingat it!‘’
Bapakku menyampaikan sebuah ucapan yang sangat pedas dan bermakna.
Yaaaa, kalo saja bapakku tak nekat merantau ke Jakarta dan membawa aku turut serta, mungkin aku hanya bisa bersekolah sampai tingkat SD saja. Aku akan jadi anak desa yang kerjanya ke sawah, cari rumput buat ternak sapi, cari kayu bakar di hutan sehingga aku akan tumbuh jadi remaja yang kurang ilmu.
Cah Sd ning ndeso ini terus ku tatapi. Mencoba mendalami kesederhanaannya atau lebih cocok kemiskinannya. Sangat tidak sederat. Resiko menjadi anak desa. Mendapatkan pendidikan yang kurang sempurna. Beginilah budaya Negara ini. Semakin di desa, semakin sengsara.

"Kamu akan menjadi anak desa yang kumel dan dekil berpendidikan rendah kalau bapak tidak bawa kamu ke jakarta walau cuma bermodalkan nekat. Ingat itu!”
...Menembus Langit...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar